I made this widget at MyFlashFetish.com.

1.22.2009

Hujan Membawa Berkah

Hari ini dan satu pekan berturut-turut, hujan mengguyur dengan derasnya. Cuaca pagi yang cerah perlahan terselimuti awan mendung tipis hingga hitam kelam. Turunlah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama. Dari beberapa pemberitaan dan prakiraan cuaca di media masa, hujan turun hampir merata di seluruh Kota di Indonesia, setiap harinya. Sebuah fenomena alam yang terjadi untuk suatu kawasan dalam tempo waktu tertentu, atau biasa di sebut Iklim. Dewasa ini, hujan, kemarau sangat sulit diprediksi. Kalau pada pelajaran SD dahulu, musih hujan pada kisaran September – Maret, berikut juga sebaliknya dengan musim kemarau pada periode berikutnya. Sekarang bukan lagi hal yang baku. Mau hujan ya hujan, kemarau ya kemarau kita tidak berpatok pada apapun. Musim tanam yang biasanya setahun 2 kali, bahkan setahun 3 kali, masa sekarang juga ikut tidak menentu.

Dibeberapa daerah fenomena hujan menjadi tantangan tertentu, mulai dari banjir, gagal panen, kemacetan, terhambatnya distribusi sembako dan BBM, jalan serta prasarana yang rusak, wabah atau penyakit, menurunnya produktifitas kerja dan produksi barang, dan lain-lain. Semuanya dianggap akibat dari hujan.

Di Kotaku Tabalong, Kalimantan Selatan, Kota yang kaya bahan Tambang khususnya Batubara, hujan dijadikan tantangan yang utama untuk bidang pekerjaan mereka. Semua lini tambang mengalami dampaknya. Dari hulu ke hilir, sebab hujan menggenangi lubang kawah eksplorasi. Akhir tahun 2008 lalu, bulan Desember dimana perusahaan-perusahaan pada umumnya akan melakukan tutup buku untuk produksi 2008, ternyata sejak awal Desember dengan semakin tingginya curah hujan target Produksi dalam satu tahun tidak dapat di kejar lagi. Manajer dan pelaksanan produksi di lapangan lah yang paling merasakan dampak dan pukulan telak dari tidak tercapainya target tersebut. Berbagai upayapun telah dilakukan, dari sholat hajat, Tabligh Akbar, mengundang pawang hujan, hingga usaha paling realistis dengan mengerahkan seluruh kekuatan alat penyedot air untuk menguragi genangan air pada kawah tambang yang menganga, dengan harapan agar produksi dapat terus berjalan dan target produksi dapat terkejar.
Sekarang pada awal tahun hujan masih turun merata dengan intensitas yang beragam. Beberapa daerahpun mengalami dampak langsung ataupun tidaklangsung secara serius, terutama terkait bencana-bencana alam susulan.

Bagaimana kita menyikapi turunnya hujan? , ya berteduh, sedia payungs atau jas hujan toh sebelum hujan,….

Hujan adalah Rahmat yang diturunkan Allah kepada makhluknya, hujan sebagai sumber air karena dengan hujan air dapat mengalami perpindahan dari laut ke gunung, hujan sebagai sumber kesuburan (Q.S An Nahl 10-11, Q.S Al Waaqiah 68-70, Q.S Ar Rum 48, Q.S Al Fushilat 39, Q.S Al Furqan 48-49, Q.S Al Qaaf 9).
Apa salah hujan?. Hujan terjadi sesuai dengan siklusnya, dari hari ke hari, waktu ke waktu. Namun apa yang menyebabkan pergeseran periode, intensitas, serta dampak setelahnya adalah akibat dari kesalahan kita sebagai makhluk di muka bumi. Kita yang menyebabkan angin temperature, arah aliran air berubah-rubah hingga mengakibatkan bencana.

Bagaimana pendapat saudara-saudara kita yang mengalami kebanjiran, petani yang gagal panen, pemilik mobilnya yang terjebak di genangan, rumah yang atap bocor setiap kali hujan, dan lain-lain,… Merekalah sendiri yang lebih memahami arti dari tantangan hujan ini.

Kalau dalam film Sunny “Cinta Pertama”. Bunga Citra Lestari berperan sebagai gadis yang menyenangi datangnya Gerimis. Aku adalah penggemar hujan. Hujan bagiku adalah penenang, bahkan hujan deras sekalipun. Dengan hujan aku bisa istirahat sejenak dari segala hal dan kerumitan, bisa menyegarkan fikiran. Dan datangnya hujan membawa berkahan dari langit. Ketika hujan merupakan salah satu waktu dikabulkannya do’a, selain waktu-waktu untuk do’a yang lainnya.

Hujan membawa air yang murni untuk membersihkan udara yang tercemar.
Hujan membawa air dan menyuburkan tanah sebagai sumber kehidupan.
Hujan mengingatkan manusia untuk berhenti dari kesibukan, tipudaya dan urusan dunia lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BLOG TIPS

Terimakasih atas kunjungannya pada BLOG yang
sederhana ini. BLOG gado-gado, yang mana isinya tambal sulam. kritik dan saran
dapat dialamatkan kepada kami,..