I made this widget at MyFlashFetish.com.

1.04.2009

TABALONGKU IMPIANKU

Kotaku sekarang berusia 43 Tahun. Usia yang tidak sedikit untuk kota di kawasan Kalimantan bagian dalam. Berbeda dengan kota-kota tua yang menjadi pusat perdagangan tempoe dulu. Tabalong yang merupakan Kabupaten paling utara dari Propinsi Kalimantan Selatan berbatasan langsung dengan 2 Propinsi tetangga yaitu Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Dari akses jarak merupakan kota yang cukup jauh dari pusat pemeritahan Propinsi. Namun jarak tidak menjadikan Tabalong Kota yang tertinggal. Justru Tabalong dengan 12 Kecamatannya berkembang dari tahap ke tahap.
“Tabalongku Impianku”, tema tersebut merupakan tema dari sebuah momen lomba lukis anak tingkat Sekolah Dasar. Hasil visual dari lomba tersebut menggambarkan Tabalong dengan monumen obornya yang khas, Tabalong yang kaya akan Sumber Daya Alam, Tabalong yang tertata asri, hingga khayalan anak-anak lainnya.



Yang menjadi pertanyaan adalah, mampukah pembangunan Tabalong berkembang merata hingga pelosok-pelosok desa. Jawabanya menunggu waktu. Mengapa ? Karena perkembangan Tabalong terkait besar dengan ketersediaan Sumber daya Alam yang dikandungnya. Dari 12 Kecamatan baru 4 Kecamatan yang dapat dilihat geliatnya (Tanjung, Murung Pudak, Tanta, Kalua). Kecamatan Kalua tumbuh dan berkembang dikarenakan sector perdagangan, 3 Kecamatan sisanya dikarenakan Batubara dan Minyak bumi. Bagaimana potensi 8 kecamatan lain?. Bersyukur di Kecamatan lain sekarang telah ditemukan potensi biji besi, emas, dll, namun apakah itu cukup dan mampu diandalkan, apakah mampu mengangkat perekonomian masyarakat?.
Kecamatan Murung Pudak lebih awal dalam perkembangannya, dikarenakan keberadaan Pertamina di sana. Namun sekarang setelah eksplorasi Minyak Bumi menurun, bahkan justru hampir tiada, Murung Pudak bagaikan Komplek Gedong dalam cerita Novel Laskar Pelang, Kota Mati yang telah ditingga penghuninya. Solusi dari semua ini masih ada. Terlepas dari bantuan Pemerintah Pusat atau Propinsi, Tabalongpun mampu untuk menghadirkan PAD untuk Daerahnya. Masih banyak sector Pajak yang belum dikelola, sector Pertanian dan Perkebunan, dengan kisaran lahan pertanian, perkebunan, serta bukaan yang luas, Tabalong mampu untuk tampil sebagai kawasan Agro Industri (sawit, karet, jarak, dll). Tabalong yang merupakan jalur perlintasan Timur-Tengah, Utara dan Selatan akan menjadi kawasan yang strategis. Oleh karenanya bersegeralah Tabalong membangun, mengelola Sumber Daya Alam yang ada secara optimal, gali potensi-potensi lainnya, bangun SDM berkualitas, sebelum semuanya habis ditelan waktu. “Tabalongku Impianku”, “Tabalongku Masadepanku”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BLOG TIPS

Terimakasih atas kunjungannya pada BLOG yang
sederhana ini. BLOG gado-gado, yang mana isinya tambal sulam. kritik dan saran
dapat dialamatkan kepada kami,..